The Coach | Oneshoot

 

yunho_1380582946_af_org

Title                      : The Coach

Author                  : Rizky Anggrianto(@antorizky) a.k.a Cipta Rodriguez

Genre                   : Fightering, Inspiring.

Cast                       :

·        Main Cast            :

o   Yunho(TVXQ!)

·        Submain Cast     :

o   Changmin(TVXQ!)

o   Leeteuk(Super Junior)

o   AllMembers of EXO,Super Junior,  dan SHINee.

Rating                   : General

Length                  :One Shoot

Summary             : Ini adalah kisah nyata yangsedikit dirubah tokoh dan setting tempatnya dari seorang pelatih sepakbolabernama Tito Vilanova yang berjuang melawan penyakit yang dideritanya. Walaumemiliki penyakit yang berat, dia tetap bisa berjuang untuk pemain, tim, danjuga seluruh petinggi tim tersebut. Dan yang membuatnya semakin bangga adalahdia mampu membawa anak asuhnya menjadi juara di negaranya.

Sebuah klub sepakbola bernama SMTown FC adalah tim yang memiliki prestasi baik di Korea di era 90-an. Namun,masuki era 2000-an mereka memiliki penurunan prestasi sehingga sering terjadipemecatan pelatih di klub tersebut. Bahkan dalam 5 tahun terakhir, sudah 7pelatih yang dipecat oleh klub tersebut. Hingga akhirnya, mereka menunjuk 2mantan pemain terbaiknya di era 90-an, Yunho dan Changmin. Yunho adalahgelandang SM Town FC dari tahun 1988-1996. Sementara Changmin adalah mantanpenyerang SM Town FC dari tahun 1990-1998.

Presiden SM Town FC, Park JungSoo atau lebih dikenal dengan Mr. Leeteuk memanggil kedua mantan pemain terbaikmereka tersebut untuk negosiasi kontrak.

Annyeonghaseo. Apa kabar Yunho dan Changmin? Senang bisa bertemukalian lagi. Silahkan duduk.” Sapa Presiden Leeteuk saat mereka berdua datang.

Annyeonghaseo. Baik sekali presiden. Gamsahamnida.” Kata Yunho.

“Baik. Kami telah berundingdengan semua petinggi klub serta para pemain tentang kalian sebagai pelatihterbaru klub kami. Dan ini kontrak yang kami akan berikan pada kalian. Silahkandibaca.” Kata Presiden Leeteuk sambil langsung memberikan kontrak kepada Yunhodan Changmin.

“Kami sangat terhormat sekalibisa masuk kembali dalam tim yang membesarkan nama kami di sepak bola Korea.Jadi, kami akan menerimanya.” Kata Yunho sambil menandatangani kontrak melatihbersama Changmin.

                “Kamisangat terhormat andai kalian bisa mengangkat kembali prestasi tim seperti erakalian dulu. Dan jangan lupa untuk perkenalan kalian minggu depan di konfrensipers. Mohon bantuannya. Gamsahamnida.”Kata Presiden sambil menjabat tangan mereka berdua.

Hari ini, mereka akanmelaksanakan konfrensi pers pertama mereka sebagai pelatih SM Town FC. Merekapun mengutarakan kebahagiaan mereka di depan media Korea yang datang.

“Kami sangat bahagia denganmempercayakan tim ini pada kami. Kami yakin, kami mampu memberikan segala yangterbaik pada tim ini. Gamsahamnida.”Kata Yunho.

“Sebagai langkah awal kami, kamiakan mendatangkan pemain-pemain yang akan mampu memberikan performa terbaiknyapada kami.” Kata Changmin.

Setelah konfrensi pers setelahhampir 1 jam, mereka berdua langsung menuju trainingcamp para pemain SM Town FC. Mereka akhirnya berbincang dengan parapemainnya.

Annyeonghaseo. Joneun Yunhoimnida dan joneun Changmin imnida.”Salam Yunho dan Changmin didepan seluruh pemain SM Town.

“Kami akan menjadi pelatihkalian selama 4 musim kedepan. Dan kami mohon bantuannya pada kalian semuauntuk memberikan prestasi kembali bagi tim ini. Mohon bantuannya.” Kata Yunhosebagai kepala pelatih.

Jogiyo. Boleh nae bertanyasesuatu?” Kata pemain gelandang tengah SM Town FC. Kim Jung Myeun atau lebihdikenal sebagai Suho.

Ne. Tentu saja.” Kata Changmin menanggapi Suho.

“Apakah kalian yakin tidak akanmenjadi pelatih ke 8 yang akan dipecat?” Kata Suho.

“Kami sangat yakin akanmemberikan yang terbaik bagi tim ini. Kami menjadi seperti ini karena kamibesar di klub ini, sama seperti kalian. Dan kami juga butuh kalian untukmenjadikan tim ini hebat.” Kata Yunho.

“Tapi, kalian tahu kan kalaukita sudah lebih dari 10 tahun tidak meraih juara apapun? Apa yang akan kalianlakukan?” Kata penyerang SM Town FC, Lee Tae Min atau dikenal dengan Taemin.

“Kami akan melakukan apa yangkami terima dulu saat meraih piala dunia antar klub di Tokyo.” Kata Changmin.

“APA? TOKYO?” Teriak semuapemain saat mengetahui prestasi terbaik tim.

“Tapi, itu kan dulu. Saat kalianmasih sebagai pemain. Dan sekarang, kalian tidak turun di lapangan. Apa kalianmasih memiliki keyakinan yang sama seperti 15 tahun yang lalu?” Kata pemainbertahan sekaligus kapten tim Sm Town FC, Lee Dong Hae atau Donghae.

“Apa hal yang tidak bisa kamilakukan untuk tim? Aura juara masih ada dalam diri kalian. Kami yakin, kalianakan menjadi juara piala dunia antar klub 3 tahun lagi. Karena yang kami tahu,kalian gagal lolos ke Liga Champions Asia kan? Dan kami akan membuat kalianmenjadi juara liga Korea agar kalian bisa bertanding ke Asia.” Kata Yunhodengan penuh keyakinan.

Semua pemain tampak salingmenatap satu sama lain mendengar semangat dari Yunho dan Changmin. Bahkanpresiden yang sejak dari tadi melihat dari pinggir lapangan yakin kalau merekaakan menjadi juara musim ini.

“Jadi, kalian siap untuk menjadijuara?” Kata Yunho memberikan semangat pada tim.

“SIAP!” Kata seluruh pemaindengan perasaan semangat.

“Baik, kami akan langsung melatihkalian untuk pertandigan uji coba melawan tim junior SM Rookies. Dan kami akanmemilih pemain yang menjadi susunan utama kami dengan melihat performa latihankalian. Baik. Pertama adalah pemanasan, jogging, dan latihan kelincahan.” KataChangmin.

Mereka langsung berlatih dengansungguh-sungguh agar masuk tim utama. Hingga memakan waktu 2 jam untuk berlatihselama sehari ini. Hingga akhirnya, mereka mengumumkan pemain-pemain yang akanditurunkan melawan SM Rookies.

“Baik, terima kasih kalian mauberlatih dengan baik hari ini. Dan kami akan memilih 18 pemain saja yang akanikut.” Kata Yunho.

“Tunggu! 18 orang? Bukannya kitaada 24 orang?” Kata Suho.

Aniya. Kita hanya akan memilih 18 orang untuk sekaligus saatbermain di liga. Arraseo?” KataChangmin.

Ne. Arraseo.” Kata Suho.

“Formasi yang kita gunakanadalah 4-3-3. Untuk penjaga gawang utama adalah Park Chan Yeol (Chanyeol).Untuk 4 pemain belakang, Kim Min Seok (Xiumin), Lee Hyuk Jae (Eunhyuk), KimKibum (Key), dan Do Kyung Soo (D.O). Untuk 3 pemain tengah, Byun Baek Hyun(Baekhyun), Choi Min Ho (Minho), dan Kim Jong In (Kai). Untuk 3 penyerang, XiLuhan (Luhan), Zhang Yi Xing (Lay) dan Wu Fan (Kris). Dan cadangannya, Kim JongWoon (Yesung), Lee Dong Hae (Donghae), Kim Jong Dae (Chen), Kim Jung Myeon(Suho), Huang Zi Tao (Tao), Lee Tae Min (Taemin), dan Henry Lau (Henry).Cukup.” Kata Changmin mengumumkan tim yang bertanding melawan SM Rookies.

“Tunggu!” Kata Suho, Donghae danTaemin.

“Kenapa kalian mencadangkanku?Bukankah aku sudah berlatih dengan baik?” Kata Suho.

Nado. Aku juga sudah berlatih keras. Tapi, kenapa hanya menjadicadangan?” Kata Taemin.

“Dan aku ini adalah kapten tim.Kenapa aku dicadangkan?” Kata Donghae.

“Kami mencadangkan kalian,karena kalian terus menerus bertanya tentang kedisiplinan yang kami lakukan.Dan untuk kapten tim, akan kami berikan kepada Xi Luhan. Arraseo?” Kata Yunho.

“Ini tidak adil.” Kata Donghae.

“Apa kalian bertiga mau sayacabut dari tim cadangan?” Kata Yunho mengancam ketiga pemain tersebut.

Mwo? Kenapa jadi tidak adil seperti ini?” Kata Donghae.

“Baik. Lee Dong Hae, Lee Taemin,dan Kim Jung Myeon keluar dari tim cadangan. Dan Kim Jong Hyun (Jonghyun),  Kim Ryeo Wook (Ryeowook), dan Oh Se Hoon(Sehun) masuk ke pemain cadangan. Cukup dan gumawo.”Kata Yunho dan Changmin sambil meninggalkan para pemain.

                “Apa?Hey, tunggu!” Teriak Donghae ke mereka berdua. Namun, Yunho dan Changmin tetapsaja berlalu menginggalan mereka. Mereka berdua ingin memberikan kedisiplinanpada anak-anak buah mereka agar mau menuruti cara mereka memilih pemain.

Hari uji coba pun datang. SMTown FC melawan SM Rookies. Pertandingan berjalan sangat menarik. Yunho danChangmin yang mengomandoi SM Town terus memberikan arahan untuk menyerang. Danakhirnya, pertandingan selesai dengan skor 7-0 lewat gol dari Luhan, Kris,Eunhyuk, 2 gol dari Sehun dan 2 gol dari Chen. Suho, Taemin, dan Donghae yangmelihat pertandingan tersebut sangat tidak percaya dengan permainan indah dariSM Town FC. Namun, mereka tetap merasa kesal karena tidak turun padapertandingan tersebut.

“Kalau kita turun, pasti akanjauh lebih besar jumlah skornya.” Kata Taemin.

“Betul. Kita harusnya bisamenang 10-0 melawan tim junior kita.” Kata Suho.

                “Merekaharus memilih kita di pertandingan selanjutnya.” Kata Donghae dengan perasaanmarah.

4 hari kemudian, Yunho danChangmin mengumumkan tim untuk pertandingan persahabatan selanjutnya melawantim asal China, Guangzhao Evergrande. Dan ini lah susunan tim yang dipilih.

Kim Jong Woon, Kim Jong Hyun,Kim Min Seok, Zhou Mi, Do Kyung Soo, Kim Ryeo Wook, Huang Zi Tao, Cho Kyu Hyun,Lee Sung Min, Shin Dong Hae,dan Zhang Yi Xing.

Dan cadangannya ini adalahcadangannya. Park Chan Yeol, Lee Hyun Jae, Choi Si Won, Henry Lau, Oh Se Hoon,Xi Luhan, dan Choi Min Ho.

Melihat susunan pemain sepertiitu, Suho, Taemin dan Donghae kembali marah-marah kepada pelatih Yunho.

“Apa-apa ini? Kami tidak masuklagi? Kami sudah berlatih sangat keras tapi tak dihargai seperti ini? Apa kauingin kami pergi dari tim?” Kata Donghae.

Mian, nae sedang sibuk. Silahkan keluar dulu.” Kata Yunho.

“Dengarkan ini! Kami sudahmemberikan yang terbaik selama 5 tahun di klub ini, tapi kau dengan mudahnyamengusir kami?” Kata Donghae mendekati meja Yunho.

“Dengarkan ini juga! Apa kaliantidak tahu penyebab kalian gagal mendapat gelar apapun selama 10 tahun? Inikarena kalian menganggap kalian adalah yang paling hebat. Dan ingat ini, timini akan menang dengan mencetak lebih dar 4 gol melawan Guangzhao. Jika merekagagal, kalian boleh mengambil 90% gajiku bulan ini. Setuju? Hanya untuk kalianbertiga.” Kata Yunho.

“Baik, kami setuju.” KataDonghae.

“Namun, jika dipertandinganpertama, kalian gagal mencetak gol atau assist, kalian harus menuruti apa yangsaya dan Changmin katakan. Arraseo?”  Kata Yunho.

                “Ne, itu bukan menjadi masalah.” KataDonghae sambil meninggalkan Kantor Yunho.

Pertandingan melawan Guangzhoutelah berakhir. Dan pelath Yunho telah membuktikan timnya mampu mencetak lebihdari 4 gol. Dan mereka menang dengan skor 6-0. Gol-golnya dicetak oleh Sehun,Siwon,  Minho, Luhan, Lay, dan Kyuhyun.Hasil ini membuat Suho, Taemin dan Donghae merasa khawatir.

Hyung. Apa kita juga bisa melakukan ini?” Kata Taemin ke Donghae.

                “Kitaakan melakukannya. Kita akan melakukannya.” Kata Donghae.

Pertandingan pertama di K-Leagueatau liga korea pun dimulai. Mereka melawan FC Seoul yang menjadi salah satutim terkuat di Korea. Suho, Taemin, dan Donghae diturunkan sejak menit pertama.Namun, ketakutan mereka datang. Suho membuat kesalahan yang membuat FC Seoul unggul1-0. Taemin membuang 3 peluang gol ke gawang. Bahkan, Donghae pun tak bisamelanjutkan pertandingan karena cidera lutut. Namun, untungnya SM Town mampumenang dengan skor 3-1. Gol mereka dari Luhan, Lay dan Minho. Akhirnya, merekabertiga menyesal karena kurang disiplinnya.

Keesokan harinya, mereka bertigamendatangi kantor Yunho dan Changmin.

Jogiyo.” Kata Taemin, Suho dan Donghae yang masuk ke kantor Yunho.

“Ah, ini dia superstar yang sayatunggu. Kalian siap kan menerima yang saya berikan pada kalian?” Kata Yunhomencoba menggoda mereka bertiga.

Mianeh. Jeongmal mianeh. Kami akan menuruti kalian.” Kata Donghae.

“Baik. Kalian harus…” KataYunho.

“MWO!?” Mereka bertiga terkejutdengan yang dikatakan Yunho.

                “Kaliansudah setuju kan. Kalian harus melakukannya.” Kata Yunho.

Mereka bertiga akhirnyamengikuti arahan pelatih Yunho. Dan mereka disuruh untuk menyiapkan lapanganuntuk setim berlatih. Ini mereka lakukan selama lebih dari seminggu tepatnya 10hari. Namun, mereka sadar bahwa mereka akan lebih disiplin dalam berlatihbersama SM Town.

                Danakhir musim datang dan mereka siap untuk meraih gelar liga Korea musim ini. Danmereka menang dengan skor tipis 3-2 melawan FC Seoul di partai terakhir. Danyang mencetak gol adalah Suho, Taemin dan Donghae. Mereka bertiga tampaknyamenjadi yang paling bahagia mendapatkan juara tersebut. Dan yang membanggakanlagi adalah, mereka juga berhasil mendapatkan gelar Piala Liga Korea jugamengalahkan FC Seoul lewat adu penalti. Dan juga pemain-pemain SM Town FC mendapatkangelar penjaga gawang (Chanyeol), pemain bertahan (Suho), gelandang (Taemin),serta penyerang (Luhan) terbaik di musim lalu. Pelatih Yunho sangat banggadengan anak-anak buahnya.

2musim telah berlalu, sudah 3 gelar Liga Korea, 3 gelar Piala Liga Korea, dan 2Liga Champions Asia. Dan yang membanggakan, meskipun gagal meraih gelar PialaDunia Antar Klub, mereka berhasil meraih final kompetisi tersebut. Itumerupakan kebanggan bagi tim asal Korea ini.

Para pemain SM Town siapmemberikan kejutan ulang tahun bagi pelatih Yunho dan Changmin yang memberikankejayaan bagi tim ini selama 3 musim.

“Kalian sudah siap?” Kata kaptenDonghae.

Ne!” Kata semua pemain.

Setelah 15 menit di perjalanan,Yunho dan Changmin akhirnya sampai juga di Rumah yang menjadi tempat kejutananak-anaknya. Stelah membuka pintu Rumah, mereka dikejutkan dengan Donghae danSuho yang langsung menyiramkan bir ke atas kepala Yunho dan Changmin. Merekasemua sangat bahagia karena kejutan tersebut.

                “Sangil chukka hamnida. Sangil chukkahamnida. Saranghae Know Yunho. Sangil chukka hamnida.” Nyanyian ulang tahundari anak-anak SM Town FC memecah keheningan malam itu.

Musim ketiganya telah berjalansetengah musim kompetisi. Namun, Yunho merasa kesehatannya semakin lama semakinmenurun drastis. Dia sering merasakan nyeri di perut sebelah kanannya. Tepat dihatinya. Hingga dia akhinya harus beberapa minggu tidak dapat mengawalanak-anaknya saat bertanding. Dan dia memutuskan untuk memeriksakannya ke RumahSakit Seoul. Setelah melakukan pemeriksaan, Dokter memberitahukan penyakit yangdiderita oleh Yunho.

Mwo? Kanker Hati? Apa separah itu?” Kata Yunho merasa sangatterkejut.

Ne. Ini sudah harus segera di operasi. Dan yang menjadi masalah, diRumah Sakit manapun di Korea, kami tidak memiliki peralatan yang cukup dan amanuntuk mengoperasimu. Jadi, aku menyarankanmu untuk segera mengoperasikannya keAmerika.” Kata Dokter.

“Operasi? Berapa lama operasikuitu akan berlangsung? Aku tak bisa meninggalkan timku begitu saja.” Kata Yunhomerasa khawatir.

“Mungkin memakan waktu 3 bulan.Itu termasuk waktu pemulihan paling cepat.” Kata Dokter.

“Lalu, apa kondisiku ini akanberpengaruh pada tim?”

“Sepertinya akan sangatberpengaruh. Kuharapkan, kamu harus bisa mengambil keputusan yang tepat untuk karirmuini. Arraseo?” Kata Dokter.

                “Ne.” Kata Yunho menerima keputusan ini.

Mengetahui kondisi seperti ini,Yunho memutuskan untuk membicarakan ini dengan Changmin dan Donghae.

“Changmin,  Donghae. Ada yang harus nae katakan sebagai pelatih sebelum melakukan konfrensi pers minggudepan.” Kata Yunho.

“Ada apa hyung? Apa yang harus kami lakukan?” Kata Changmin.

“Yang harus kalian ingat. Kalianharus bisa memberikan semangat kepada anak-anak yang lain. Kalian adalah tangandan kakiku saat aku sakit. Dan aku harap kalian akan bisa kuat tanpaku.” KataYunho.

“Tunggu dulu. Anda tidak bilangakan pergi ke klub lain kan?” Kata Donghae dengan perasaan bingung.

“Aku tidak akan pergi kemanapun. Ini adalah tim aku lahir, dan tim terakhirku.” Kata Yunho.

“Apa kau akan pensiun dini?”Kata Changmin.

                “Ne. Aku akan segera pensiun. Tapi, akubelum mengatakan ini pada Presiden. Dan aku harap kalian bisa mengatakan bahwaaku bangga pernah menjadi pelatih kalian.” Kata Yunho sambil berlalu menujukantor Presiden. Changmin dan Donghae masih belum bisa menerima keputusan ini.Changmin pun mengatakan pada para pemain SM Town bahwa Yunho sangat bangga padatim ini dan selalu berharap akan menjadi tim yang besar.

Hari konfrensi pers datang.Yunho menyiapkan semua mental untuk mengantarkan pengunduran dirinya. Saatmenyiapkan mentalnya, tiba-tiba Changmin dan Donghae ada di belakangnya.

“Kami akan menemanimu saatkonfrensi pers.” Kata Changmin.

Saat akan masuk, tiba-tiba sajaPresiden Leeteuk masuk terlebih dahulu sambil mempersilahkan Yunho, Changmindan Donghae untuk masuk. Setelah mempersiapkan mentalnya, Yunho siap mengatakanbahwa dia akan mengundurkan diri.

Annyeonghaseo. Sebelumnya, saya berterima kasih bahwa Presiden JungSoo, Changmin-ssi, dan Kapten timDonghae yang telah menemani saya hari ini. Yang saya ingin katakan selakupelatih kepala tim SM Town FC mengatakan bahwa setelah pertandingan ke 20 musimini di Liga Korea ini, saya akan memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bolayang telah membesarkan nama saya. Alasan saya mengundurkan diri, karena sayaharus mengobati penyakit yang saya derita ke luar Korea. Dan saya tidak bisamendampingi tim selama jangka waktu yang belum bisa ditentukan. Gamsahamnida.”

                PresidenJung Soo, Changmin, Donghae dan Yunho sendiri pun tak bisa menyembunyikankesedihan mereka. Yunho adalah sosok yang sangat luar biasa penting bagikebangkitan tim ini. Dan bisa dibilang, dia tidak pernah mau penyakitnya itudiketahui oleh semua pemain, rekan pelatih dan staff, serta Presiden klubsendiri. Namun, dia akhirnya memutuskan untuk pensiun.

Setahun telah berlalu, tak adakabar dari Yunho. Changmin yang sering sekali mengujungi Yunho saat liburkompetisi pun hanya bisa melihatnya tertidur dia atas kasurnya. Dokter yangmengoperasi Yunho mengatakan kalau operasinya itu sukses. Namun, dia takmenjamin kesehatan Yunho akan membaik.

Dan setelah lama tak ada kabar.Kabar yang mengejutkan insan sepak bola Korea, bahwa Yunho telah meninggalkarena kondisi pasca operasi yang menurun secara drastis. Namun, semangat yangditunjukan Yunho sejak awal hingga akhir hayatnya akan selalu hadir dalamsemangat pemain lama dan baru SM Town FC.

*THE END*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s